Pilihan Model Atap Rumah Modern Minimalis Idaman

Atap merupakan salah satu bagian penting dari rumah. Ada banyak sekali model atap yang bisa dan cocok diaplikasikan pada rumah modern minimalis. Namun karena terlalu banyaknya pilihan model atap, maka cukup banyak orang yang merasa bingung menetapkan pilihan.

Apakah anda adalah salah satu orang yang masih bingung menetapkan model atap apa yang akan diterapkan di rumah anda? Jika itu masalah yang sekarang sedang anda hadapi, maka artikel ini tentu dapat membantu anda. Artikel ini akan membahas tentang hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih model atap.

 

Faktor-Faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Model Atap Rumah Minimalis

Memilih model atap rumah juga harus dilakukan dengan benar. Masalahnya, atap akan mempengaruhi kondisi di dalam rumah nantinya. Oleh sebab itu, ada baiknya anda memperhatikan beberapa faktor berikut ini untuk memilih model atap rumah minimalis:

Lokasi rumah

Dimana lokasi rumah anda? Apakah lokasinya di tengah kota yang padat dengan penduduk atau di tempat yang tidak padat penduduk?

Jika lokasi rumah anda berada tepat di tengah-tengah kota yang padat penduduk, maka sebaiknya anda memilih model atap yang cukup tinggi. Alasannya adalah untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah.

Cuaca

Selain faktor lokasi, cuaca juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih model atap. Jika cuaca di lingkungan anda sering turun hujan, maka pilihlah model atap datar. Model atap datar akan mengurangi hawa dingin di dalam rumah.

Namun jika cuaca di rumah sering panas, maka pilihlah model atap pelana. Atap pelana dapat menjaga agar hawa di dalam rumah lebih dingin.

 

Jenis Material Untuk Atap Rumah

Selain memperhatikan model atapnya, andapun perlu memilih material atap rumah yang tepat agar rumah anda cukup nyaman dihuni. Berikut ini adalah beberapa macam material atap yang cocok digunakan pada rumah minimalis:

Genteng tanah liat

Genteng yang terbuat dari tanah liat jelas adalah material atap yang paling tepat jika anda ingin rumah memiliki hawa yang sejuk. Namun demikian, saat ini harga genteng yang terbuat dari tanah liat cukup mahal.

Genteng press dari semen

Jika anda ingin atap rumah yang kuat, maka genteng press yang terbuat dari semen adalah pilihan yang tepat. Namun genteng yang terbuat dari semen ini memiliki beban yang cukup berat.

Asbes dan seng

Asbes dan seng merupakan material atap rumah yang paling umum digunakan terutama di rumah minimalis. Namun perlu anda perhatikan bahwa kedua material atap ini juga memiliki kelemahan seperti menimbulkan suara berisik ketika hujan dan juga kurang awet.

Memilih bahan dan model atap rumah minimalis tidak hanya perlu memperhatikan masalah harganya saja, andapun perlu memperhatikan keawetannya. Oleh sebab itu, pertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangan setiap model dan bahan atap rumah sebelum anda memilihnya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *