Tips Memilih Bahan dan Bentuk Pagar Untuk Rumah Idaman

Selain berfungsi sebagai pengaman rumah idaman, pagar juga berfungsi untuk meningkatkan penampilan eksterior sebuah rumah. Oleh sebab itulah, pagar tidak bisa dipilih secara asal-asalan.

Mau tau apa saja yang perlu anda perhatikan ketika akan memilih pagar untuk rumah idaman anda? Baca penjelasan selengkapnya mengenai cara memilih pagar yang tepat untuk rumah anda di artikel ini.

Jenis Bahan Pagar Untuk Rumah Idaman Anda

Pagar untuk rumah idaman bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Bagi anda yang sedang merencanakan memasang pagar rumah, ada baiknya anda mempelajari apa saja jenis bahan pembuat pagar sekaligus kelebihan dan kelemahannya berikut ini:

 

Pagar kayu

Pagar kayu seringkali digunakan pada rumah-rumah kuno. Pagar kayu memang sangat baik digunakan untuk menunjukkan kesan kuno. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari pagar kayu? Berikut adalah penjelasannya:

Kelebihan:

  • Membuat rumah terkesan sebagai rumah mewah.
  • Membuat hawa rumah menjadi lebih dingin.

Kekurangan:

  • Pagar yang terbuat dari kayu cukup mahal harganya.
  • Pagar yang terbuat dari kayu membutuhkan perawatan ekstra.

 

Pagar dari besi

Pagar yang terbuat dari bahan besi memang lebih sering digunakan pada rumah-rumah idaman model minimalis. Hal ini dikarenakan pagar dari besi memiliki kelebihan dari pagar yang terbuat dari bahan kayu. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari pagar besi:

Kelebihan:

  • Terlihat modern dan terdapat banyak pilihan model.
  • Lebih mudah dirawat dibandingkan dengan pagar kayu.
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan pagar kayu.

Kekurangan:

  • Tampilannya tidak semewah pagar yang terbuat dari bahan kayu.

 

Pagar yang terbuat dari bahan besi dan kayu

Kebanyakan orang yang memiliki dana lebih memang lebih memilih menggabungkan material kayu dengan besi untuk membuat pagar. Pagar yang terbuat dari gabungan bahan kayu dan besi memang jauh lebih indah jika dibandingkan dengan pagar kayu maupun pagar besi. Namun pagar yang terbuat dari bahan kayu dan besi ini harganya juga cukup mahal.

Tips Memilih Model Pagar Rumah Idaman

Anda sudah mengetahui apa saja bahan yang umum digunakan untuk membuat pagar rumah. Setelah itu, anda perlu mengetahui model pagar seperti apa yang paling tepat untuk dipilih. Berikut adalah beberapa tips memilih model pagar untuk rumah idaman anda:

  • Jangan menggunakan bentuk ukiran dan lengkungan. Model-model tersebut tidak termasuk sebagai model pagar abadi. Model pagar tersebut akan lekang dimakan waktu.
  • Pilihlah model pagar minimalis bergaris vertikal atau horizontal jika anda ingin memiliki pagar yang modelnya tidak lekang dimakan oleh waktu.

Jika anda dapat memilih bahan dan model pagar dengan tepat, maka anda tidak akan perlu mengganti pagar rumah idaman anda dalam beberapa waktu atau bahkan seumur hidup anda.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *